SiregarsFamily's Blog

everyday with you is adventure

tips & trik melakukan transaksi perbankan di mexico city

pengalaman selama melakukan transaksi perbankan di bank mexico bukan pengalaman yang menyenangkan.  salah satunya adalah tiba-tiba ga bisa melakukan transaksi internet banking karena ternyata rekening kita ga eksis, panik? ya jelas… menyebalkan? itu pasti… bukan mau mengeluh atau bagemana yaa… berikut ini ada tips dan trick yang bisa dilakukan dalam melakukan transaksi perbankan di mexico city:

  • dokumen yang dibutuhkan untuk membuka rekening itu: FM3, Passport seluruh halaman dan Bukti Tagihan Gas di rumah.
  • siapin tranductor / kamus untuk melakukan transaksi di bank karena somehow Customer Service nya jarang banget ada yang berbahasa Inggris.
  • percaya sama pasangan kan? di mexico ini, usahakan untuk buka rekening gabungan suami-istri dengan nama istri sebagai primary account holder, kenapa? karena kalau misal atm atau pin terblokir, kita bisa mengurus transaksi sendiri ke bank tanpa harus menunggu weekend datang pas suami bisa ditarik-tarik ke Bank untuk urus ini itu.  kalo si bank punya fasilitas weekend banking, kalau engga? alamat rekening kita ga bisa diakses untuk jangka waktu ga tentu sampai si pin / atm kelar diblokir… :p
  • untuk ngurus pin atm yang terblokir, dokumen yang disiapin selain kartu ATM, ya identitas diri… tapi FM3 aja ga cukup lhoh… harus bawa passport juga, semuanya harus aseli, engga boleh fotocopy’an… (jadi wondering, apa guna FM3 kita yaa kalau kemana-mana mesti bawa passport?)
  • untuk penukaran valuta asing, jangan lupa itu passportnya dibawa juga… dan disini bener-bener harus well-planned, karena cuma dibatasin bisa tukar usd 1,500 / per hari, per passport, gimana ya kalau semisal kita mau buang-buang dollar trus mau ditukerin karena butuh duit lebih banyak? hihihi, mesti rajin-rajin ke bank kalau gitu… kalau bisa seminggu 3x datengnya…
  • tau kan kalau Internet Banking seharusnya membantu kita untuk memfleksiblekan waktu transaksi?  Well, di mexico engga… karena transaksi melalui internet banking hanya bisa dilakukan pada Hari Kerja dari jam 8-17 sore… hihihhi… apa guna I-Banking yak kalau tiba-tiba kudu transaksi tengah malem atau pas weekend pas emang penting banget untuk transfer uang?
  • di internet banking, untuk dapat melakukan transaksi pembayaran service tertentu seperti bayar Cablevision, Gas, Air gitu, kita harus mendaftarkan nomor berlangganan service tersebut di fasilitas pembayaran mereka untuk jadi semacam “favorite account”.  Lah trus, udah bisa digunain langsung dong abis itu… jawabnya: engga bisa, kita harus nunggu maksimal 30 menit sampai pendaftaran itu direcognize di sistem mereka… lalu, bagemana kalau yang mau bayar sibuknya minta ampun trus lupa lagi?  yaa… sile ke laut aje deh… 😀
  • selalu simpan bukti transaksi dalam satu map khusus, jaga-jaga kalau ada error terjadi lagi… pfiuhh…

nah ini pengalaman waktu rekening di bank engga eksis… pas datang ke Bank, dikasih tau kalau rekening kita ke-DELETE oleh system… lah, lalu uang kita kemana? tenang, masih ada kok… kita hanya tinggal mengajukan (lagi) keinginan kita untuk buka rekening di bank itu, syaratnya apa? well, syarat awal lagi: FM3, Passport dan Tagihan gas… lahh… kalau semua diminta lagi, data-data kita di awal dikemanain ya sama mereka? %@#$%??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Thanks for Visiting us!

free counters

masukkan email Anda untuk mem-follow blog kami dan menerima notifikasi posting terbaru kami melalui email.

%d bloggers like this: