SiregarsFamily's Blog

everyday with you is adventure

permohonan visa ke norwegia (5)

well, dari permohonan aplikasi visa Schengen  dan Family Reunification yang disubmit tanggal 15 Agustus ternyata baru 2 minggu kemudian bisa diambil.  itupun pihak kedutaan kudu ditelp setiap hari buat diingetin kalau rencana keberangkatan adalah tanggal 31 bulan Agustus ini.  akhirnya visa  bisa diambil tanggal 30 Agustus siang… hohoho mefettt… ngebayang dah kalau tiket belum ditangan, mesti berangkat sendiri karena kalau beli tiket tanggal segitu belum tentu dapet dan kalaupun ada udah pasti mahal.

visa family reunion ini berlaku 6 bulan, dengan kondisi setelah menginjakkan kaki di Norway kita harus segera melaporkan ke Kantor Kepolisian setempat dalam masa 30 hari.

ya sudah laahh yaaa yang penting udah dapet visa walaupun takes time dan bikin deg2an… 🙂

sesampainya di Oslo, within seminggu langsung deh ke Kantor Polisi atau Skatt øst – Skatteetaten atau  Service Center for Foreing Workers, alamatnya di Schweigaards gate 17, 0191 Oslo, Norwegia dan buka mulai Senin – Jum’at jam 9 – 3 sore untuk mendaftarkan diri plus nukerin surat dari Embassy Norway jadi kartu resident permit disini.

konon kabarnya, untuk mendapatkan perjanjian dengan Service Center for Foreign Workers ini bisa dilakukan online melalui selfservice UDI, tapi setelah diliat-liat di websitenya bingung juga akhirnya datang deh ke kantor mereka di Loket 25, jadi dari pintu masuk belok kanan, mejanya warna Biru.  Loket ini menjelma menjadi Information Center dari jam 9 – 12 siang.  Inget yaaa… khusus jam segitu doang, selebihnya mereka tutup toko ga ngeladenin pertanyaan2 dan fokus di pelayanan pengambilan foto dan sidik jadi.

dari loket 25 ke pengambilan foto dan sidik jari ternyata butuh waktu 2 minggu lagi karena jadwal kosongnya tanggal segitu.  Owiya, si mba nya bilang kalau sebenernya untuk ndapetin perjanjian bisa dilakukan melalui Self Service UDI, pas kubilang, iye gw juga udah nyoba tapi engga bisa mba… dia bilang, ya itu memang layanan baru sih, jadi mungkin masih dalam tahap pengerjaan atau perbaikan… Yeeee… :p~ tapi buat temen2 yang mau mulai ngeply, coba aja diliat di selfservice UDI nya sekarang, adanya di tampilan awal di kolom di bawahnya Login kita, namanya “Multiple Booking” atau “Flergangsbooking” . Kalau layanannya udah bisa seperti gini, aman, bisa meminimalkan waktu untuk datang cukup sekali ke kantor ini.

pas 2 minggu kemudian… datang lagi deh ke kantor ini, sekarang kita cuma tinggal duduk manis aja nunggu panggilan dari Loket 22-25. nanti dipanggil, klik klik, srett… (maksudnya di foto trus disuruh tanda tangan) kelar dehh… 🙂 udah tu dibilangin kalau sekarang resident permit udah engga diprint di Passport, tapi sudah berubah menjadi Kartu Sakti seperti kartu SIM lah di Indo.  Kenapa sakti? Karena dengan kartu itu + passport, kita bisa jalan-jalan ke 26 negara di wilayah Schengen Area plus kelebihan-kelebihan lain di Internal Norway pastinya.

sistem foto disini cukup menyenangkan untuk ibu-ibu yang berjilbab dan berkacamata seperti sayah… 🙂 karena engga seperti di Mexico yang kudu ngjeblak fotonya, disini boleh dipake, even kacamata juga engga disuruh copot, seneng deh, alhamdulillah 🙂

udah tu, kelar foto dan tanda tangan langsung dikasih surat dari mereka, kartu akan datang dalam waktu kurang dari 14 hari kerja, kita cukup memastikan aja kalau di kotak pos ada nama kita tertera disitu.   selanjutnya kita diminta untuk cek tuberkolosa di tempat-tempat yang sudah ditentukan, mereka akan kasih lembar informasi terpisah mengenai hal ini.

setelah itu jangan lupa untuk minta tolong dibuatkan nomer antrian ke Kantor Pajak ya… kenapa mesti ke Kantor Pajak lagi? Ya itu fungsinya buat meng-update kedatangan kita ke Kantor Pajak, denger-denger sih bisa mengurangi pajak yang wajib dibayarkan karena suami punya tanggungan disini.  Untuk pelaporan penambahan anggota keluarga disini, engga mesti suami kok yang datang, cukup kita aja ngelanjutin sendiri ke Counter Pajak yang lokasinya persis di sebelah kanan dan kiri Loket 22-25 itu.  Cukup compact kan? tinggal tunggu sebentar sampai nomer antrian kita disebut, ketemu petugasnya dan kita tinggal isi formulir perubahan informasi wajib pajak.

dann…. ga sampai 2 minggu kartu dikirim ke rumah dan konfirmasi penambahan anggota keluarga dari Kantor Pajak juga datang, awalnya adalah mengkonfirmasi data yang diberikan ke mereka sudah benar atau tidak.  Jika dari kita engga ada appeal / objection / claim kesalahan dari surat yang dikirim dalam waktu 30 hari kerja, baru deh surat dari pajak datang lagi, kali ini menentukan besarnya potongan pajak .

Udah deh… kelaaarrrrr…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Thanks for Visiting us!

free counters

masukkan email Anda untuk mem-follow blog kami dan menerima notifikasi posting terbaru kami melalui email.

%d bloggers like this: