SiregarsFamily's Blog

everyday with you is adventure

mencari apartment di Oslo

mencari apartment di Oslo, Norway biasanya bisa didapatkan dengan mencari iklan sewa rumah yang ada di koran lokal online seperti Aftenposten  dan beberapa website.

nahh… apartement kita sekarang ini kita dapat dari website lokal mereka, di Finn.

di bawah ini adalah beberapa hal yang mesti dipertimbangkan dalam memilih apartment:

HARGA.  untuk menyewa apartement satu kamar harganya berkisar di antara 7500 – 12000 dan 9000 – 15000 untuk dua kamar.   dan pastinya harga bergantung pada lokasi dan kondisi apartement pada waktu disewa apakah furnished atau unfurnished.   untuk harga di atas diluar listrik, heater, air dan kebersihan ya, karena pengeluaran itu dibayarkan berdasarkan pada konsumsi kita pada bulan itu aja.

biasanya jika sebuah apartment bisa disewakan, ada waktu-waktu khusus untuk open house dan yang datang ya beberapa orang sekaligus, tinggal ownernya aja milih mana yang dia anggap cocok untuk menyewa apartement nya.  yang menyakitkan adalah: kita cocok tapi ownernya engga cocok… hehehe ngenes… 😉

KENAPA MAHAL?.  ada beberapa alasan kenapa menyewa apartement di Oslo ini mahal, ini nihh beberapa sebabnya:

  • norway adalah negara termahal kedua di dunia setelah Tokyo berdasarkan survey yang dilakukan oleh ECA International, so enough said lah yaaa…
  • rumah dibangun dengan kualitas baik, kenapa? karena di norway ini musimnya sangat ajaib, bisa 6 bulan engga ada matahari sama sekali.  so udah pasti dingin kan, jadinya rumah-rumah yang dibangun sudah dilengkapi dengan sistem pemanas yang terintegrasi dengan bangunan, engga mau kan pas winter diluar dingin, didalem juga dingin karena cuma terakomodir dengan sekotak kecil heater yang engga bakal sanggup memancarkan hawa hangatnya??
  • ongkos pekerjanya tinggi, disini jam kerja bener2 jam 8-4 sore dan engga ada tuh kae di Indonesia, rumah dikerjain siang malem.  lha wong disini rel trem cuma 2 km dikerjain berbulan-bulan kok… kebayang kan ongkosnya.  coba orang jawa dikirim kesini, kae nya kelar deh dengan waktu less than 1 bulan… kualitasnya? hehehe… nomer keberapa engga tau deh…

DEPOSIT. maksimum deposit yang diharuskan adalah up to 6 bulan deposit, tergantung ownernya lagi.  untuk kasus kita, deposit yang diminta adalah sebesar 3 bulan sewa, tinggal dikali aja sewa per bulan berapa dikali 3, besar?  ya jelas… bedanya kalau waktu kita di mexico dulu, depositnya langsung ditransfer ke owner, disini depositnya dibuka di rekening yang berbeda, kedua belah pihak antara owner dan penyewa tidak bisa mengambil deposit itu tanpa kehadiran kedua belah pihak, ya mungkin sejenis joint account yang di lock gitu ya…

deposit ini akan cair jika antara owner dan penyewa membatalkan perjanjian dimana penyewa keluar dari properti dan si owner engga punya claim perbaikan.  pada saat itu si pemilik apartment dan penyewa ya sama-sama lagi ke bank untuk membuka rekening tersebut.

NOTICE PERIOD. naahh ini lagi nih yang pastinya memberatkan, kalau di tempat lain ada notice period maksimal 1 bulan sebelum pindah, di Norway notice period yang diwajibkan adalah 3 bulan sebelum kita pindah.  kalau kurang dari 3 bulan ya siap2 dipotong depositnya… bener2 gila disinihhh….

Owiyaaahh, ini nih, sneak peak apartment yang kita tempatin sekarang…

apartment bislett

apartment bislett

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Thanks for Visiting us!

free counters

masukkan email Anda untuk mem-follow blog kami dan menerima notifikasi posting terbaru kami melalui email.

%d bloggers like this: