SiregarsFamily's Blog

everyday with you is adventure

photos [photos] on the Wall

mengambil foto baik itu dengan kamera digital  atau kamera handphone itu menyenangkan, mudah dan membuat jadi ketagihan apalagi bagi para kaum narsis seperti saiahhh 😉  dan pasti sesudah itu banyak deh ratusan (atau jutaan?)  file foto di hard drive.  belum lagi beberapa kali ganti handphone, ganti komputer, menggunakan komputer di kantor, laptop di rumah, pakai laptop suami, sehingga kadangkala saya menyimpan di beberapa komputer yang berbeda yang mengakibatkan foto-foto tersebut tersebar ada dimana-mana bahkan terjadi duplikasi foto yang sama dengan nama yang berbeda.  Chaos? yup, pastinya. Belum lagi hal ini membuat kapasitas Hard Disk terbuang percuma karena adanya duplikasi foto.

pertanyaannya bagaimana mengorganisir foto-foto yang ada dan membuat foto-foto itu jadi tersusun dengan rapi di hard drive?   foto yang terorganisir dengan baik bisa berfungsi menjadi kenang-kenangan yang berharga loh kalau foto tersusun rapi.

naahh kali ini mau berbagi bagaimana pengorganisasian foto yang saya lakukan baru-baru ini, memang membutuhkan waktu dan perlu pemikiran yang mendalam (sahhh, soalnya dari kemaren jarang mikir, hahahaha) apalagi saya ini termasuk kategori orang yang njelimet mikir hal-hal seperti ini.

caranya adalah….

  1. membagi kategori foto layer pertama berdasarkan siapa obyek fotonya, masing-masing ditempatkan di 1 folder khusus, saya membagi layer pertama ini sebagai berikut:
    • foto-foto suami baik itu sendiri maupun dengan teman-teman di kantor
    • foto-foto keluarga suami
    • foto-foto keluarga saya
    • foto-foto saya pribadi, ini termasuk foto waktu saya:
      • masih kecil (bilangnya di bawah 5 tahun)
      • masa sekolah, dari SD s/d Perguruan Tinggi
      • masa-masa kerja (dari awal kerja per perusahaan)
      • masa-masa saya ikut organisasi tetentu
      • foto bersama kelompok arisan, sahabat, ibu-ibu pengajian
      • foto-foto narsis saya dalam berbagai gaya sesuai perkembangan jaman juga harus tetap ada dong… 😉
    • foto-foto saya bersama suami dari awal ketemu sampai sekarang 🙂
    • foto-foto keluarga besar atau extended family, saya bedakan keluarga besar dari pihak ibu dan dari pihak ayah dan gabungan dari keduanya
    • foto dengan kategori Lain-lain atau khusus, apa aja yang termasuk dalam kategori ini:
      • capture transaksi perbankan saya jadikan satu di folder “finance”
      • foto-foto hasil masakan saya, walaupun tidak banyak tetapi tetap bangga dan bisa jadi pengingat untuk selalu hidup sehat 🙂
      • dan foto-foto dengan kategori dibuang sayang saya buat kategori tersendiri jika jumlahnya banyak.
  2. membagi kategori foto layer kedua berdasarkan waktu, dalam hal ini layer kedua ini ditempatkan di subfolder layer pertama berdasarkan tahun dan bulan.  Kalau mau extreme ada beberapa subfolder yang saya kategorikan berdasarkan hari 🙂   njelimet? sedikit, tapi ini bisa sedikit banyak memudahkan menemukan file-file yang terduplikasi akibat penyimpanan foto di beberapa tempat, coba kalau dibuat berdasarkan tahun, pasti jumlahnya banyak kan? nah kalau dibagi per bulan jumlahnya akan terbagi-bagi.
  3. utuk beberapa kategori dalam tahun bisa ditambahkan lokasi tertentu, misal di folder 2011, saya menambahkan folder Mexico~by Categories, foto-foto di lokasi-lokasi tertentu yang saya ambil di bulan-bulan yang berbeda saya tempatkankan berdasarkan lokasi supaya lokasi penyimpanannya tidak mencar.   Untuk pointers ketiga ini sih bisa ditentukan sendiri berdasarkan kenyaman kita.

organize_photos

Naahhh kalau di atas tentang bagaimana mengorganize foto, sekarang tips nya menyimpan dan mengorganisir foto:

  1. segera download photo dari kamera setelah mengambil gambar, kalau membiarkan photo menumpuk di memory card bisa-bisa waktu mau memotret momen penting tiba-tiba memory card nya habis…
  2. pada saat mentransfer foto dari kamera ke komputer, untuk penamaan bulan, gunakan “kode bulan, bulan” seperti “01 – Jan”, dibanding dengan penamaan bulannya langsung seperti “Januari”,” Februari” dst, karena dengan demikian susunannya juga akan urut per bulan.
  3. sedangkan untuk penamaan hari juga begitu, in spite of per tanggal, tapi gunakan setting”tahun bulan tanggal” seperti “2007 01 27” artinya tanggal 27 bulan Januari tahun 2007.
  4. buat kategori-kategori khusus di subfolder sesuai kebutuhan.
  5. selain menyimpan foto di komputer dan hard disk drive, disarankan secara regular selalu mem back up foto dengan memburning foto-foto ke dalam CD atau DVD minimal per 6 bulan sekali.  pengalaman pernah external hard drive jatuh, crash dan foto-foto hilang, sedihnya parah!
  6. bisa juga meng upload foto-foto yang sudah teroganisir ini ke website penyimpanan foto seperti Flickr, Picasa, Multiply, Facebook dan terakhir bisa juga mencetak dan menjadikan foto-foto menjadi photo album cantik…
  7. Nah ini kalau misal kita mau naro image di website, pastiin kita tetap menyimpan foto original dengan resolusi yang bagusnya karena kalau disimpan di website kadang resolusi yang ditampilkan dibuat lebih rendah dan akan membuat jadi kurang bagus untuk dicetak.
  8. terakhir, sekedar ide, belakangan kalau berkunjung ke rumah mertua, sering nyari foto-foto keluarga suami terutama foto masa kecilnya dan keluarga besarnya, kemudian fotonya discan.  Gunanya apa, supaya nanti bisa kasih tau ke anak-anak tentang masa kecil Amangnya, keluarga besar dan mengenalkan tentang keluarga Amangnya lah melalui foto.  begitu juga dengan keluarga besar saya.  a picture is worth a thousand words itu benar adanya, jajajaja jadi berfilosofis 😉

well, i guess itu ajah sharingnya.. Selamat mengorganisir Photos, teman 🙂

Advertisements

2 comments on “photos [photos] on the Wall

  1. Op
    February 23, 2013

    Organize photo2 gue dong hehehehehehe

    • siregarsfamily
      February 23, 2013

      hahaha, itu mau tergantung selera bagemana mau diatur, pie… susunan foto lo kacau juga ya? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 11, 2013 by in tips & trick and tagged , , , , , , , , .

Archives

Thanks for Visiting us!

free counters

masukkan email Anda untuk mem-follow blog kami dan menerima notifikasi posting terbaru kami melalui email.

%d bloggers like this: