SiregarsFamily's Blog

everyday with you is adventure

fasilitas kesehatan di norwegia

di Norway, untuk mendapatkan fasilitas kesehatan seperti penduduk Norway pada umumnya, kita diwajibkan membayar 14.1% dari gaji pokok setiap bulan, dengan demikian kita sudah terdaftar memiliki Asuransi Nasional Norwegia (Norwegian National Insurance) dan dengan membayar asuransi kita akan mendapatkan jaminan sosial atau social security berupa fasilitas kesehatan.

ini beberapa pengalaman kita terkait dengan fasilitas kesehatan yang sudah kita gunakan selama ini:

fasilitas dokter keluarga, yang dimaksud disini adalah General Practitioner (GP) atau fastlege.  para wajib pajak termasuk dependen mereka (anak dan isteri) akan mendapatkan satu orang dokter keluarga yang praktek di sekitar lingkungan kita tinggal setingkat kotamadya. GP ini menangani kurang lebih 1,200 individu yang tinggal di sekitar daerah tersebut.  GP / dokter ini bertanggung jawab memeriksa, mendiagnosa dan menangani pasien yang berada di list mereka dan juga termasuk memberikan resep, menerbitkan surat sakit, mereferensikan pasien ke rumah sakit, pengobatan ke medical specialist lainnya dan psioterapi.   prosedur pendaftarannya juga mudah, kita tinggal membuat perjanjian bisa dilakukan secara online di sini (lokasi tergantung tempat tinggal, ini hanya contoh perjanjian online di deket tempat tinggal kita), selanjutnya tinggal isi nama GP nya, no HP, udah deh tinggal tunggu aja nanti konfirmasi kapan GP nya bisa didatangi akan diinformasikan melalui sms.  kalau misalnya sakitnya lumayan parah ga bisa nunggu dan mau dimajuin dari waktu yang sudah ditentukan oleh operator yang ada di pusat layanan medis tersebut, kita tinggal telfon dan minta waktu dipercepat dan dimajukan jadi keesokan harinya. udah deh, tinggal datang, diperiksa dan bayar, bayaran yang ditagihkan ke kita juga tidak mahal sekitar NOK 130 lah sekali datang.

fasilitas pemeriksaan labolatorium, ini yang paling menarik.  syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan di labolatorium adalah harus membawa surat referensi dari GP atau dokter spesialist, jadi ga bisa seperti di Indonesia dimana kita bisa datang dan langsung tes darah ke lab gitu.  jika kita punya social security number, untuk melakukan pengecekan hanya membayar NOK 40 dan ini berlaku untuk setiap mengambil darah. walaupun keperluannya banyak, semua hanya membayar segitu.  berasa banget kan, kemarin cek darah untuk memeriksa hormon seperti Hb, TSH, FSH, Prolaktin, østradiol, testosteron, SHBG, HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, Anti Rubella dan AIDS, semua hanya NOK 40.  Histeris ga siiiii….. (lebay, hahahaha) dibandingin di Indonesia yang dihitung satu-satu per kebutuhan, ini mau jungkir balik cek semua ya segitu gitu aja harganya, mau dong dicek darah setiap bulan… 〜( ̄▽ ̄〜)  eh tapi amit2 ya jangan sampai sakit yang berat-berat amat lah (knock knock on the wood), cek darah hanya untuk preventif aja.

fasilitas legevakten atau fasilitas rumah sakit untuk keadaan darurat, alamatnya di Storgata 40, 0182 Oslo Norway. alurnya kita bisa langsung datang setiap harinya, dengan catatan kalau sakitnya memang darurat alias emergency dan ga bisa ditangani oleh GP pada waktu itu karena bantuan yang diberikan itu biasanya adalah penanganan cedera, akut atau darurat. ini alurnya…ketika tiba di legevakten kita akan diberikan kartu seperti ini setelah memberikan nomor personal ID kita.

legevakten_oslo

setelah itu kita tinggal menunggu sesuai dengan nomer antrian, dan seorang perawat ruang gawat darurat melakukan evaluasi terhadap masalah kesehatan kita dan akan menilai berdasarkan lima prioritas dalam kecepatan.

skala prioritas dibagi berdasarkan 5 warna-warna dengan waktu tunggu yang sesuai dengan penyakitnya, artinya sebagai berikut:

legevakten_priority_oslo

prioritas merah: mengancam kehidupan – tidak bisa menunggu

prioritas oranye: sangat mendesak – menunggu kurang dari 10 menit.
prioritas kuning: mendesak – ini berlaku untuk orang yang sakit tapi bisa kembali bekerja normal dalam waktu 60 menit.
prioritas hijau: normal – ini berlaku bagi yang sakit, tetapi tidak memerlukan perhatian medis hari ini.
prioritas biru: tidak mendesak – bisa mendapatkan saran perawat dan bisa langsung pulang.

setelah perawat menentukan kita ada di prioritas mana, udah deh tinggal tunggu ketemu dokternya, diperiksa dan ditanya keluhannya apa, dikasih resep dan rekomendasi ke GP jika perlu, udah deh setelah itu bayar trus pulang.  lucunya meja kasirnya kadang ga visible sama mata, pernah pas lagi ke legevakten langsung keluar aja gitu (lupa bayar) sampai di luar baru sadar belum bayar di kasir dan balik ke dalam sambil ketawa ketiwi, admission nya nyengir aja tuh ga jutek malah, kenapa? soalnya kan kita udah kasih personal ID kita itu tadi dan kalau misal belum bayar, tagihan bisa langsung dikirim ke rumah kita dan tinggal transfer deh.  ga bisa ga bayar juga, soalnya kalau bayarnya telat juga kena denda (^_^;)

fasilitas di klinik fertilitas, disini untuk mendapatkan bantuan seorang dokter spesialis fertilitas tidak seperti di Indonesia dimana kita bisa langsung datang ke tempat Dokter praktek, namun pada awalnya, kita akan diminta untuk mengajukan proposal mengenai keinginan untuk mendapatkan layanan tersebut serta mengisi histori kesehatan dan memberikan informasi tindakan-tindakan yang sebelumnya pernah kita lakukan.  selanjutnya kita masuk ke dalam daftar tunggu selama sebulan untuk bisa mendapatkan waktu untuk bertemu dengan dokter spesialis untuk kemudian dilakukan tindakan.

nah, untuk pasutri yang memiliki kesulitan untuk bisa hamil normal dan harus menjalani tindakan IVF atau ICSI, pemerintah memberikan jaminan jika pembelian obat-obatan terkait proses pengobatan fertilitas melebih NOK 15,621 maka pemerintah akan mengganti biaya pengobatan 100%.  syaratnya obat-obatan yang ditanggung maksimal 3x attempt pengobatan per anak, informasi lebih lanjut bisa dilihat disini.

lah trus fasilitas apa lagi yang bisa kita dapatkan disini jika kita mempunyai social security disini?  benefit lain menyusul ya, karena belum dijalanin juga, tapi denger-denger wanita hamil bisa mendapatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan di GP setiap bulan secara gratis dan pada minggu ke 17 – 19 ada pemeriksaan USG gratis.  hyuukk ah, hamil aja dulu… (。⌒∇⌒)。

Advertisements

2 comments on “fasilitas kesehatan di norwegia

  1. Anne
    December 28, 2013

    pekerjaan yg biasanya paling banyak orang indonesia geluti disana kira2 apa yaa?thx before

    • siregarsfamily
      January 31, 2014

      pekerjaan yang paling banyak digeluti orang Indonesia selain bekerja di kedubes indo di Norway biasanya pekerjaan yang berhubungan dengan perminyakan, IT dan telco.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Thanks for Visiting us!

free counters

masukkan email Anda untuk mem-follow blog kami dan menerima notifikasi posting terbaru kami melalui email.

%d bloggers like this: