SiregarsFamily's Blog

everyday with you is adventure

pemeriksaan kehamilan w18

minggu ini kita akhirnya dapat jadwal untuk bisa USG 2D, jadi kalau di Norway ini adalah USG pertama dan terakhir selama kehamilan, biasanya dijadwalkan di w17 – w19. Tujuan utama dari USG ini adalah mendeteksi kemungkinan kelainan yang ada pada janin.

lokasi pemeriksaan tergantung dimana kita tinggal dan untuk tempat tinggal kita, pemeriksaan USG ini dilakukan di RS terdekat yaitu Oslo Ullevål Universitetssykehus di gedung 8. Gedungnya jauuuh banget dari pintu utama, menuju gedung itu bikin ngos2an sendiri karena kontur tanahnya sedikit turun dan banyak naiknya, maklum ibu hamil muda, jadi deh agak sensitif sama yang kae gini….

Ya udah, ternyata untuk sampai ke bagian pendaftaran kita mesti turun satu lantai ke bawah.  dapat schedule jam 9.45, kita cuma nunggu 15 menit untuk bisa ketemu sama jordmor / bidan / midwife.    Owiya di Norway, untuk bisa ktemu langsung sama dokter obgyn itu sesuatu yang langka dan bisa dikatakan jarang terjadi, mereka biasanya bisa ditemui untuk kasus2 berat dan untuk ketemu Obgyn butuh referensi dari dokter umum atau bidan.

So setelah menunggu, di mulai lah diminta untuk berbaring di meja periksa dan proses usg pun dimulai.

Lucunya di suatu titik, waktu mau ngeliat kelengkapan bilik2 jantung si baby, bayinya ga bisa diem, sibuk berenang ke kiri, berenang ke kanan ga mau diliat, bidannya sampai kewalahan, hahahaha… Yang dilihat anak Batak kali ya, jadi petakilan kesana kemari hehehe. Akhirnya karena kewalahan, si bidan sampai manggil bidan senior untuk bantu ngeliatin si bayi yang aktif ini.

Overall setelah tiduran selama hampir 45 menit dan sempat bikin pinggal pegal, kesimpulan dari usg setelah melihat dengan detail tulang tengkorak / otak, wajah, tulang belakang, tenggorokan / leher, hati, gastrointestinal, ginjal, kandung kemih, tubuh / dinding abdomen, kaki dan tangan, air ketuban, Alhamdulillah baby nya normal dan ga perlu pemeriksaan ataupun peneropongan lebih lanjut.  Trus dari pemeriksaan ini dilihat 80% jenis kelamin si bayi adalah… perempuan.  Alhamdulillah, justru bersyukur karena selama kehamilan ini emaknya jadi tambah ganjen, pengen beli bracelet dan cincin, pengen pake anting, bahkan sampai minta dibawain anting sama Oma dari Jakarta, ga kebayang kalau si emak jadi gan to the jen dan anaknya laki2x… hahahaha…

trusss ternyata due datenya mundur dari tanggal 13 desember jadi tanggal 18 desember, ini katanya adalah due date setelah melihat perkembangan janin.  terakhir kita nanya, perlu ga test down syndrom dilakukan? ternyata kita udah telat, mestinya test ini dilakukan pada trimester awal sebelum w12, tapi engga perlu khawatir (kata bu Bidan), anaknya ga ada gejala DS karena biasanya anak dengan gejala Down Syndrom memiliki penumpukan cairan di belakang tengkuk atau leher janin dan di Norway test ini hanya dilakukan khusus bagi ibu hamil berusia di atas 35 tahun atau memiliki keluarga dengan riwayat kelainan kromosom. Oooo gituuu….

my baby w18

my baby w18

Duhh, Bunda sama Amang nya sampai deg-deg an karena ga sabar pen tau keadaan mu di minggu ini.  Alhamdulillah kamu sehat-sehat aja.  By the way, ini nih penampakan si anak Batak yang engga bisa diem dan bikin bidannya kewalahan pas ngeliat kamuuuhh… Nampak tenang seperti air di danau… menyesatkan, hohoho…  ( ´ ▽ ` )ノ  tapi gpp ya, bayi aktif itu kalau kata orang artinya bayi yang sehat…. Aminnn…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Thanks for Visiting us!

free counters

masukkan email Anda untuk mem-follow blog kami dan menerima notifikasi posting terbaru kami melalui email.

%d bloggers like this: