SiregarsFamily's Blog

everyday with you is adventure

prosedur pengajuan visa Australia

Sydney Harbour Bridge and Sydney Opera House

Sydney Harbour Bridge & Sydney Opera House

akhirnya setelah direncanakan setahun sebelumnya, insya Allah jadi juga kita mengunjungi uwaknya Nania di Australia, tapi sebelumnya bikin visa dulu dong yaaa… dan ternyata bikin visa ke Oz ga sesulit yang dibayangkan apalagi udah ada VFS Australia,

jadi, ini lho dokumen dan persyaratan yang harus disiapkan oleh masing-masing individu:

  • form visa yang telah diisi dan ditandatangani, form visa bisa didownload disini.  kita pakai visa Tourist Visa – Tourist stream sub class 300, nomor form 1419 karena tujuannya untuk mengunjungi keluarga dan berlibur.
  • copy pasport sebagai identitas diri, halaman yang kosong tidak usah difotokopi, hanya halaman yang berisi nama (biodata pemiliki paspor), perubahan biodata (bila ada perubahan, biasanya tercantum di halaman 4 dan 5), halaman yang berisi visa, cap imigrasi dan halaman terakhir yang berisi alamat pemegang paspor yang wajib difotokopi.  Untuk pengajuan visa melalui kurir, salinan paspor bisa dilampirkan tanpa disertifikasi.
  • 1 (satu) lembar paspor ukuran 3×4 untuk ditempel di formulirnya, untuk yang berhijab pastikan mukanya harus 70% kelihatan.
  • 1 (satu) lembar Kartu Keluarga, KTP dan Akte Lahir (khusus untuk anak yang belum memiliki KTP).
  • bukti keuangan untuk mendukung kunjungan selama di Oz.
  • karena kita mengunjungi keluarga di Oz, jadinya ada surat undangan (invitation letter) dari keluarga disana yang menyatakan maksud dan tujuan kunjungan serta dilengkapi dengan copy paspor dan kartu Permanent Residence.

Jika di atas adalah persyaratan untuk semua pemohon visa secara umum, di bawah ini adalah tambahan persyaratan untuk individu yang bekerja:

  • surat dari kantor yang mengatakan bahwa memang benar si A bekerja di kantor ini dan akan kembali bekerja  setelah perjalanan liburannya berakhir.
  • copy slip gaji terakhir.

Selain itu untuk pemohon yang tidak mempunyai email, karena komunikasi antara kedubes dengan pemohon nantinya hanya akan melalui email, makanya dibutuhkan form 956A dimana dalam form ini ada penunjukkan ke bapaknya Nania untuk mewakili Opung dalam setiap komunikasi melalui mengenai permohonan visa ini.

Nah setelah semua dokumen disiapkan, baru deh nanya-nanya ke VFS melalui email info.avacjakarta@vfshelpline.com, karena setelah dipikir-pikir walaupun deket ke Kuningan City, mending minta VFS untuk ngambil dokumen permohonan daripada ribet.

Jadi, untuk biaya, antara Biaya Visa dan Biaya Layanan VFS ditujukan secara terpisah dan harga serta pembayaran bisa dilakukan seperti di bawah ini:

untuk Pembayaran VISA

biaya visa turis adalah sebesar Rp. 1,460,000 per pemohon dan pembayaran bisa ditransfer melalui internet banking dan ditujukan ke:

Australian Embassy
ANZ Bank, Indonesia
082222-01-0000

untuk pembayaran logistik VFS Services

biayanya adalah sebagai berikut:

* biaya logistik per orang Rp. 183,000

* layanan informasi status permohonan visa otomatis sebanyak 3x SMS dan 3 email sebesar Rp.25,000

* biaya untuk penjemputan berdasarkan Zona per orang,

  • Zona 1 meliputi Sumatra, Jawa dan Bali sebesar Rp. 50,000
  • Zona 2 meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara sebesar Rp.100,000
  • Zona 3 meliputi Irian Jaya sebesar Rp.150,000

Setelah biaya-biaya di atas dikalikan dan ditotal dengan jumlah pemohon, langsung deh bayar melalui internet banking kesini:

PT VFS SERVICES INDONESIA
STANDARD CHARTERED BANK, SUDIRMAN, JAKARTA
Nomor Rekening: 306 014306 86

Setelah jangan lupa diprint untuk jadi attachment di form pengajuan visa kita, baru deh kita email VFS lagi untuk minta dokumen di pick up.  Dari hari Kamis email, Jum’atnya kurir langsung ngambil dokumen kita.  Trus hari Selasa minggu depannya sudah diterima di VFS dan Rabu dokumen sudah mulai diproses di Kedutaan Besar Australia.  Dalam waktu 9 hari kerja (out of 15 days yang mereka janjikan mengenai masa proses visa) ternyata visa kita sudah di approve dan visa itu untuk kunjungan multiple entry dalam kurun waktu 12 bulan. trus prosesnya ga pake diinterview ataupun ditelpon segala… 🙂 dan  ternyata sekarang untuk visa ke Australia udah ga perlu pake label visa di paspor (label-free), jadi tinggal tunjukkin surat kalau visa kita disetujui dan data kita sudah ada di imigrasi Australia pada saat kita masuk ke negara itu… begonoo…

Tips dan trick:

  • karena kita (baca: nania, emaknya nania dan opung girl) ga bergaji, jadinya di tiap2x aplikasi kita dilengkapi dengan surat sponsor dari bapake Nania yang menyatakan bahwa beliaulah yang akan membiayai semua anggota keluarga yang akan bepergian bersama ke Australia.
  • meski ga diminta, selain Invitation Letter dari si pengundang yang masih keluarga, jangan lupa kalau ada diselipkan dokumen yang membuktikan bahwa si pengundang itu masih ada hubungan kekerabatan dengan yang diundang.  Contohnya: Kartu Keluarga si pengundang.  Maksud dan tujuannya sih supaya Kedubes Oz juga melihat kalau si pengundang memang benar masih saudara kandung, dalam hal ini bisa dilihat dari nama orang tua antara bapake nania dan si uwak ya harusnya sama, kan mereka abang-adek…
  • isi formulir dengan jujur dan berusaha untuk melengkapi dokumen sesuai urutan.
  • nah sebelum dokumen diambil oleh kurir VFS, pastikan semua masalah pembayaran harus diselesaikan serta dokumen sudah siap diambil untuk menghindari adanya delay dalam proses pengajuan visa karena dokumen yang kurang lengkap.

Soooo… ready for a holiday… Yippiee…..

Advertisements

2 comments on “prosedur pengajuan visa Australia

  1. Dunia Backpacker
    October 10, 2015

    ajib nih…

  2. Budi Mulyono
    October 10, 2015

    Wah dananya yg belon siap… kapan kapan lah. di keep dulu infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Thanks for Visiting us!

free counters

masukkan email Anda untuk mem-follow blog kami dan menerima notifikasi posting terbaru kami melalui email.

%d bloggers like this: